Jumat, 01 Mei 2015

Pemutaran Film Layar Tancap

Mengenang masa lalu terkadang sangat indah bahkan saking larut nya pikiran ke masa kanak-kanak dulu saya sampai tersenyum-senyum sendiri tapi bukan Korslet lho Sob..? hhhh,.. Mengingat kenangan yang sudah lama terlalui saya juga ingat pada salah satu hiburan rakyat tentang Pemutaran Film Layar Tancap, Dulu kalau gak salah sekitar tahun 1985 an sangat marak sekali pemutaran film layar tancap itu. Sering di putar pada acara hajatan dari resepsi pernikahan, khitanan ada juga acara ulang tahun, ruatan, dan acara lainya. Hiburan pemutaran layar tancap itu juga sering di putar walaupun bukan di acara hajatan, Dulu jika pengelola group film itu gak ada yang memesan/nanggap mereka memutar juga film dengan jenis dan judul yang baru. Kalau jaman sekarang sih di Gedung Bioskop yang mewah dan bisa juga ber AC. Namun jamanya saya kecil dulu bukan di Bioskop tetapi Film yang di putar di tengah lapangan yang sekelilingnya di tutup dengan pagar bambu jaman dulu nama nya Misbar (Ada gerimis bubar) itu istilah nama di desa saya , karena diatas nya gak ada atapnya, bioskop jaman dulu namanya juga.

Tentang Film layar tancap :

Pada jaman serba modern seperti sekarang ini hiburan rakyat seperti pemutran film layar tancap ini, sudah di bilang jarang bahkan di tempat saya tinggal sudah tidak ada lagi. Kecuali pemutaran film dari instansi pemerintah, ataupun dari biro iklan dan marketing lainya. Itupun tidak memakai projektor seperti jaman dahulu. Jaman sekarang lebih canggih memutar film dengan alat lacer disk atau juga dengan kamera pocus atau dengan alat modern lainya, yang jelas gambar dan hasil audionya cukup bagus dan jernih gambarnya. Pengen lihat juga tayangan film unik jaman dulu yang ada di Indonesia silahkan Anda buka halamanya : Film pertama di Indonesia jaman dulu
Nasib perfilman nasional :
Dengan menghilang nya film layar tancap ini sedikit di barengi lesunya perfilman Indonesia, sekarang ini perfileman Nasional seakan sudah tidak memproduksi lagi, walaupun masih ada tapi tidak semarak dulu waktu sebelum krisis moneter. Sekarang yang marak hanya memproduksi perfilman drama, sinetron, film serie, ada juga yang memproduksi film layar lebar namun kebanyakan dengan tema misteri yang mengandalkan peran yang sexy dan kurang mendidik. sungguh memprihatinkan yah sob perfilman di tanah air ini. Tapi tidak semua film di Indonesia berkisahkan seperti itu diantaranya masih ada film yang mengemas tentang edukasi dan memperluas ajaran Agama, walaupun sedikit namun masih ada yang peduli perusahaan film dengan kemasan yang mendidik dan sebagai gambaran hidup untuk jadi tuntunan yang baik.

Semoga saja perfilman nasional kembali ramai dan marak seperti dahulu, sungguh saya rindu dengan suasana Jaman dulu, pasti diantara Sobat blogging juga ada kenangan dengan film yang anda tonton pada jaman masa muda dulu yah sob..? Jaman sekarang memang gak sulit pengen lihat film yang bagus dan berkualitas, telah tersedia di berbagai perangkat, dari DVD Player siaran Tv atau Parabolla streaming, dan paket berlangganan juga sekarang bisa pesan langsung instan, bisa dapat deh film yang diinginkan, sungguh luar biasa jaman sekarang ini. dulu saja saya pengen main Internet susah minta ampun sekarang Alhamdullilah mudah gak ketulungan. Itu menandakan bahwa Indonesia tidak ketinggalan dalam dunia modern dan tekhnology.

The End :

Tamat biasanya pada akhir film nasional jaman dahulu jika film akan selesai maka ada tulisan TAMAT yang artinya cerita film nya sudah berakhir. Naaah seperti artikel saya yang sedikit  Unik  ini juga selesai Sobat. samapai disini postingan yang sekiranya saya bahas tentang  Pemutaran Film Layar Tancap  ini, jika ada salah-salah kata maafin yah? terima kasih atas kunjungan dan partisipasinya, semoga moment jaman dulu yang saya kemas ini bisa bermanfaat buat Anda semua ... Salam blogging ...

0 komentar:

Posting Komentar